10 Manfaat dan Khasiat Buah Pare untuk Kita

by 4:08 PM 0 comments


Pare  atau yang juga memiliki sebutan peria dibeberapa daerah dikenal memiliki rasa yang pahit saat masih muda yang berwarna hijau. Sementara ketika sudah masak pohon, buah pare berubah warna menjadi oranye dan daging yang meliputi biji buahnya yang berwarna merah cerah serta terasa manis seperti permen. Di negara barat pare dikenal dengan nama bitter gourd atau bitter squash, karena masih keluarga dengan labu. Meskipun pare muda rasanya pahit, namun tak sedikit pula yang menggemarinya untuk dimakan sebagai sayuran.

Kandungan nutrisi Pare

Kalori: Peria menyediakan kalori yang cukup rendah, yaitu satu porsi 100 gram menyediakan hanya 17 kalori.
Vitamin C : Merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yaitu 84 mg untuk setiap porsi 100gr. Hal ini setara dengan 140 % dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).
Folat : 100 gram buah segar menyediakan 72 ug asam folat, atau setara dengan 18 % AKG.
Vitamin B : Buah sayur pahit ini juga merupakan sumber vitamin B yang baik, seperti niacin atau Vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6.
Mineral: Peria banyak mengandung kalium, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, serta mengandung kalsium.

Pare dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, seperti dibuat jus pare, acar, atau memasukkannya kedalam resep masakan.

Beberapa  manfaat Pare atau Peria :

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat sayuran pare yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi pare. Pare bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang bisa menghambat arteri di jantung.

2. Mengusir diabetes

Manfaat kedua dari pare yaitu sebagai obat diabetes. Manfaat pare untuk diabetes yaitu bisa menurunkan kadar gula yang ada dalam darah dan menormalkannya kembali. Rasa pahit yang ada di pare menjadi insulin atau obat diabetes. Selain itu kandungan anti-diabetes dalam pare dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Penderita diabetes bisa mengkonsumsi jus pare untuk menyembuhkan diabetesnya. Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.

3. Mengatasi Asma

Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat. Ini bagus untuk anda yang menderita asma. Untuk Anda yang menderita asma perbanyaklah mengkonsumsi sayuran pare ini.

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat pare untuk ibu hamil yaitu dapat memperlancar pencernaan. Ketika hamil pencernaan seringkali mengalami gangguan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi pare rutin setiap harinya. Para mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan. Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten.

5. Menurunkan berat badan
Pare juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Manfaat pare untuk diet yaitu dapat membuat cepat kenyang dan juga menurunkan nafsu makan. Dalam secangkir pare ternyata memiliki 16 kalori sehingga mampu membuat anda mengontrol nafsu makan dan membuat anda cepat kenyang. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, masukkanlah pare pada daftar konsumsi yang harus dikonsumsi. Untuk yang sedang menjalani program diet disarankan untuk meminum jus pare setiap harinya. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa mencampur dengan madu alami.

6. Memelihara kecantikan kulit

Tidak banyak yang tahu ternyata vitamin c yang dihasilkan oleh pare dapat membantu anda dalam memelihara kecantikan anda selain itu ancaman efek buruk dari sinar ultraviolet dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran pare. Tidak hanya untuk kesehatan saja, pare juga bisa menjaga kesehatan kulit. Manfaat pare untuk kecantikan yaitu dapat mengembalikan kecerahan kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. Pare mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kulit lebih cantik dan juga bersinar.

7. Anti Kanker

Wanita rentan terhadap beberapa kanker yang membuat ancaman bagi dirinya, kanker serviks sebagai pembunuh nomber satu disusul oleh kanker payudara diperingkat selanjutnya, sehingga penting untuk anda dalam menangkal sel kanker. Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda. Kandungan antioksidan dalam pare sangat banyak. Antioksidan yang banyak ini dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh Anda.

8. Anti gigitan nyamuk

Pare juga dikenal dapat menghindarkan dari gigitan nyamuk. Kemungkinan nyamuk tak menyukai darah kita yang telah mengandung zat dari pare, termasuk rasa pahitnya.

9. Infeksi Jamur

Sifat-sifat antijamur dan antibakteri pada pare membuatnya menjadi ideal untuk melawan berbagai macam infeksi jamur, serta akan membantu untuk membersihkan darah dari bermacam racun-racun sebelum membuat kerusakan lagi. Secara khusus pare akan membantu menyembuhkan infeksi dan kesehatan kulit, seperti untuk mengobati kurap dan psoriasis. Daun pare  yang di Jus/diekstrak bisa digunakan sebagai salep oles terbaik  untuk kondisi infeksi.

10. Perawatan Rambut

Untuk rambut agar berkilau alami, Anda bisa mencampur secangkir jus pare segar dengan yoghurt dan oleskan pada rambut Anda. Cuci setelah beberapa lama, dan ini akan membuat rambut Anda menjadi berkilau dan indah. Untuk menangkal ketombe, Anda bisa mempersiapkan jus peria dan jinten. Penggunaan rutin akan menyingkirkan ketombe dari rambut Anda dalam waktu satu bulan. Untuk mengatasi kulit kepala kering, Jus pare juga bisa membantu untuk mengurangi rambut rontok secara alami.

Peringatan keamanan!

Bahan kimia yang terdapat dalam buah pare merupakan bahan pengobatan yang kuat, namun ada hal yang perlu diperhatikan juga. Wanita hamil dan yang sedang menstruasi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pare. Buah pare bisa merangsang perdarahan menstruasi yang berlebihan. Untuk wanita menyususi, sebaiknya juga menghindari mengkonsumsi pare, karena penelitian masih belum menyatakan akan hal ini. Jadi untuk saat ini, yang terbaik adalah menghindarinya. Juga(seperti yang disebutkan sebelumnya) pare memiliki efek kuat untuk menurunkan kadar gula darah, yang bisa berbahaya terutama saat menjelang dan setelah operasi.

Banyak sekali manfaat dari buah pare ini. Untuk Anda yang masih ragu menanam, tidak perlu ragu lagi tanamlah pare yang banyak mengandung manfaatnya. Manfaat pare sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Tidak perlu takut lagi dengan rasa pahit yang ada di dalamnya, yang terpenting yaitu manfaat yang bisa diambil dari sayuran pare.

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment