Khasiat dan Manfaat Daun Pegagan untuk Kita

by 4:22 PM 0 comments


Manfaat daun pegagan mungkin belum banyak di ketahui, namun daun ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara. Pegagan merupakan anggota dari keluarga peterseli yang tumbuh di India, Asia Tenggara, dan Afrika.

Menurut asal-usulnya, tanaman Pegagan ini berasal dari Asia Tropik dan tersebar ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hampir diseluruh pelosok negeri tanaman ini dikenal dengan berbagai sebutan nama lokal, antara lain antanan, pegagan, kerok batok, panegowang (Jawa); antanan gede (Sunda); kos tekosan (Madura); pagaga (Makasar); dau tungke (Bugis); kori-kori (Halmahera); dan koloti manora( Ternate). Pegagan cepat beradaptasi dengan tanah yang agak lembab, sekaligus mendapat cukup sinar matahari.

Kandungan Senyawa Kimia Daun Pegagan

Beragamnya kandungan kimia pada daun pegagan menunjukkan bahwa kekayaan manfaat daun pegagan yang melimpah di dalamnya. Berikut ini kandungan senyawanya terdiri dari asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak). Senyawa kmia seperti glikosida triterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat anti lepra.

Saat ini penelitian pada daun pegagan sedang merajuk pada pengaruhnya terhadap kecerdasan otak. Jika terdapat pengaruhnya signifikan yang terdapat pada daun pegagan ini, bukan tidak mungkin ekstrak daun pegagan akan diproses menjadi suplemen otak seperti pada manfaat temulawak.

Manfaat Daun Pegagan untuk Pengobatan

1. Manfaat daun pegagan untuk mengobati darah tinggi.

Daun pegagan segar sebanyak satu genggam kemudian ditambahkan air 3 gelas sampai sisanya menjadi 3 / 4 nya. Lalu hasil pengolahan ramuan ini kemudian diminum satu hari 3 kali, dan setiap minumnya sebanyak 3 / 4 gelas.

2. Manfaat daun pegagan untuk mengobati demam.

Ramuan dari daun pegagan untuk mengobati demam ini dibuat dengan cara; tumbuk sampai halus 1 genggam daun pepagan segar, kemudian tambahkan sedikit garam dan air. Setelah semua tercampur merata saring campuran tersebut lalu minum airnya di waktu pagi setelah bangun tidur.

3. Manfaat daun pegagan untuk mengobati muntah darah, mimisan dan batuk darah.

Cara membuat ramuan yaitu sediakan pegagan segar sebanyak 70 - 90 gram dan kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu peras dan minum airnya. Jangka waktu untuk meminumnya tidak ada ketentuan. Yang pasti minum secara rutin setiap harinya sampai gejala batuk darah, misan ataupun muntah darahnya tidak lagi muncul.

4. Manfaat daun pegagan untuk mengobati bisul.

Cara pertama, ambil 40 - 60 gram daun pegagan yang masih segar. Cuci daun pegagan sampai bersih kemudian rebus. Selanjutnya minum air rebusan tersebut. Cara kedua, cuci sampai bersih daun pegagan segar lalu lembutkan atau lumatkan, kemudian lumatan tersebut tempelkan pada bagian kulit yang bisulan.

5. Manfaat daun pegagan untuk mengobati mata bengkak dan memerah.

Cara mengobatinya kita membuat obat tetes mata dari daun pegagan. Karena caranya cukup mudah siapa saja bisa membuatnya sendiri. Pertama daun pegagan segar dicuci sampai bersih, kedua lumatkan sampai lembut, ketiga peras lumatan daun pepagan segar tadi, keempat peras dan saring airnya. Nah, air perasan ini yang kemudian kita jadikan obat tetes. Penggunaannya, kita teteskan ke mata yang sakit sebanyak 3 - 4 kali dalam waktu sehari.

6. Manfaat daun pegagan untuk mengobati batuk kering.

Sahabat sediakan segenggam penuh daun pegagan segar, lumatkan sampai lembut dan peras airnya. Cara mengonsumsinya agar terasa lebih enak, tambahkan gula batu dan air secukupnya kemudian minum.

7. Manfaat daun pegagan untuk mengobati gangguan pencernaan.

Nutrisi yang terkandung di dalam daun berkhasiat mampu membersihkan darah, tukak darah serta dapat memperbanyak empedu. Kemudian bagaimana penyajian daun pegagan, cukup dikukus untuk kemudian dijadikan lalapan.

8. Manfaat daun pegagan untuk mengobati wasir

Ambil 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya, lalu direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum air rebusan ini secara rutin selama beberapa hari.

9. Manfaat daun pegagan untuk mengobati Campak

Untuk mengobati penyakit campak, ambillah 60 -120 gram pegagan, cuci bersih lalu direbus. Kemudian air rebusannya diminum.

10. Manfaat daun pegagan untuk mengobati Lepra

Ambil 3/4 genggam pegagan dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, setelah dingin, airnya diminum sehari 3 kali 3/4 gelas.

Efek Samping Daun Pegagan

Daun pegagan memang tanaman herbal yang banyak memiliki khasiat pengobatan, namun waspadai resiko kesehatan yang dapat terjadi selama penggunaannya, seperti berikut :

Kehamilan dan menyusui – Pegagan kemungkinan akan aman pada wanita hamil bila diterapkan ke kulit. Tapi jangan mengkonsumsi daun pegagan, hal ini dikarenakan belum cukup diketahui adanya bukti keamanan daun pegagan untuk ibu hamil. Selain itu, tidak cukup diketahui juga mengenai keamanan daun pegagan selama menyusui. Hindari menggunakannya jika sedang menyusui.

Penyakit hati –  Ada kekhawatiran bahwa pegagan dapat menyebabkan kerusakan hati. Orang-orang yang sudah memiliki penyakit hati seperti hepatitis, harus menghindari menggunakan pegagan. Hal ini kemungkinan akan membuat gangguan hati semakin buruk.

Menjalani Bedah – Daun pegagan dapat menyebabkan kantuk, jika terlalu banyak dikombinasikan dengan obat-obatan yang digunakan selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan ramuan pegagan minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment