Khasiat dan Manfaat Daun Sambiloto untuk Kita

by 2:34 PM 0 comments

Tanaman Sambiloto dapat dikenali dari ciri fisiknya yang berdiri tegak dan dengan ketinggiannya yang dapat mencapai 90 cm. Keberadaan tanaman ini meluas di beberapa kawasan Asia mulai dari India, Siam, semenanjung Malaya, dan pulau Jawa di Indonesia.

Sambiloto bisa tumbuh dengan curah hujan antara 2000–3000 mm per tahunnya, dengan suhu 25 sampai 32 derajat celcius, dan pada ketinggian sekitar 700 meter dpl.

Itulah mengapa tanaman ini tumbuh subur di Indonesia. Untuk beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan beragam nama mulai dari Andiloto di Jawa Tengah, Pepaitan di Madura, Ki oray di sunda, Ampadu tanah di Sumatera, dan lainnya.

Kandungan Kimia :

Daun dan percabangannya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid ( zat pahit ), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral ( kalium, kalsium, natrium ), asam kersik, dan damar.

Flavotioid diisolasi terbanyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrografin, panikulin, mono-0-metilwithin, dan apigenin-7,4-dimetileter. Zat aktif andrografolid terbukti berkhasiat sebagai hepatoprotektor ( melindungi sel hati dari zat toksik ). Bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tumbuhan.

Manfaat dan Khasiat Sambiloto

1. Mengobati Tifoid

Daun sambiloto segar sebanyak 10 – 15 lembar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 3 kali sehari

2. Mengatasi Disentri basiler, diare, radang saluran napas, radang paru

Herba kering sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Air rebusannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

3. Mengatasi Disentri

Herba krokot segar (Portulaca oleracea) sebanyak 500 g diuapkan selama 3 – 4 menit, Kemudian tumbuk dan diperas. Air perasan ditambahkan bubuk kering sambiloto 10 g dan diaduk. diminum, sehari 3 kali masing-masing 1/3 bagian.

4. Mengatasi Influenza, sakit kepala, demam

Bubuk kering sambiloto sebanyak 1 g diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 – 4 kali sehari.

5. Meredakan Demam

Daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam ditumbuk. Tambahkan 1/2 cangkir air bersih, saring lalu minum sekaligus. Daun segar yang digiling halus juga bisa digunakan sebagai tapal badan yang panas.

6. Mengatasi TB paru

Daun sambiloto kering digiling menjadi bubuk. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk rata lalu dibuat pil dengan diameter 0,5 cm. Pil ini Ialu diminum dengan air matang. Sehari 2 – 3 kali, setiap kali minum 15 – 30 pil.

7. Mengobati Batuk rejan (pertusis), darah tinggi

Daun sambiloto segar sebanyak 5 – 7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin minum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.

8.  Mengobati Radang paru, radang mulut, tonsilitis

Bubuk kering herba sambiloto sebanyak 3 – 4,5 g diseduh dengan air panas. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus.

9. Mengobati Faringitis

Herba sambiloto segar sebanyak 9 g dicuci lalu dibilas dengan air matang. Bahan tersebut lalu dikunyah dan airmya ditelan.

10. Mengobati Hidung berlendir (rinorea), infeksi telinga tengah (OMA), sakit gigi

Herba sambiloto segar sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

11.  Mengobati tifus

Gunakan 10 – 15 lembar daun sambiloto dan rebus menggunakan dua gelas air sampai mendidih dan biarkan air sampai tersisa kira-kira satu gelas kemudian minum air rebusan tersebut selagi hangat.

12. Mengobati kencing manis

Gunakan daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam lalu cuci bersih daun tersebut dan kemudian daun di rebus dangan menggunakan air sebanyak 3 gelas diamkan hingga air tersisa 2 1/4 saring dengan penyaring teh setelah itu minum air rebusan setelah makan.

13. Anti malaria

Ekstrak metanol dari sambiloto menunjukan aktivitas melawan Plasmodium berghei salah satu parasit transit malaria. Ekstrak metanolik ini mencegah terjadinya multiplikasi parasit. Selain itu ekstrak sambiloto njuga efektif mematikan cacing filariasis yang merusak saluran limpa. ekstrak etanol sambiloto juga efektif mematikan jamur dan bakteri berbahaya menurut berbagai penelitian.


Efek Samping Sambiloto

Sambiloto aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dalam jangka pendek. Efek samping dapat saja muncul berupa kehilangan nafsu makan, diare, muntah, ruam, sakit kepala, pilek, dan kelelahan. Ketika digunakan dalam dosis tinggi atau jangka panjang, sambiloto dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, reaksi alergi yang serius, peningkatan enzim hati, dan efek samping lainnya. Beberapa kelompok disarankan untuk membatasi konsumsi sambiloto karena dapat menimbulkan efek negatif, diantaranya:

  • Bayi dan anak-anak: sambiloto aman untuk anak-anak ketika diminum dalam jangka pendek kurang dari satu bulan dengan kombinasi herbal lain.
  • Kehamilan dan menyusui: sambiloto mungkin tidak aman ketika diminum selama kehamilan. Ada kekhawatiran dapat menyebabkan keguguran. Tidak cukup diketahui tentang keamanan sambiloto selama menyusui. Tetapi untuk keamanan disarankan untuk tidak mengkonsumsinya terlebih dahulu.
  • Masalah kesuburan: Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sambiloto dapat mengganggu reproduksi, tetapi hal ini belum terbukti pada manusia. Namun demikian, jika Anda mengalami kesulitan hamil, sebaiknya tidak menggunakan sambiloto.
  • Penyakit autoimun: sambiloto dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif, dan ini bisa meningkatkan gejala penyakit auto-imun. Jika memiliki penyakit multiple sclerosis (MS), lupus (systemic lupus erythematosus, SLE), rheumatoid arthritis (RA), atau kondisi lain yang berhubungan dengan penyakit autoimun disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlebih dahulu.
  • Pendarahan: sambiloto bisa memperlambat pembekuan darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko perdarahan atau memar pada orang dengan gangguan perdarahan.
  • Tekanan darah rendah: Penelitian menunjukkan bahwa sambiloto dapat menurunkan tekanan darah, sehingga penderita tekanan darah rendah atau hipotensi disarankan untuk tidak mengkonsumsinya
   
   

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment