Khasiat dan Manfaat Daun Seledri untuk Kita

by 2:39 PM 0 comments

Daun Seledri atau orang kadang menyebutnya juga dengan Daun Sop ini memiliki nama latin Apium graveolens, Tumbuhan ini biasanya di jadikan sebagai salah satu bumbu makanan atau masakan tak terkecuali di Indonesia.

Seledri sudah di kenal sangat lama di Peradaban dan tidak di ketahui secara pasti mengenai di mana tumbuhan ini berasal, Nah untuk Indonesia tumbuhan Seledri ini masuk ke Indonesia mealui Orang-orang Belanda pada zaman Penjajahan dahulu, yang mana pada Zaman Dahulu tumbuhan ini di manfaatkan sebagai penyedap Sup, Oleh karena itulah banyak orang di indonesia kadang menyebut daun Seledri ini sebagai Daun Sup atau Daun Sop.

Seledri adalah dari keluarga yang sama dengan peterseli yaitu  keluarga Umbelliferae. Seledri termasuk pada jenis sayuran dan juga jenis tanaman obat yang biasanya digunakan untuk membuat sup atau salad.

Selain itu saledri yang memiliki manfaat untuk tubuh anda sehingga seledri sering dijadikan campuran untuk membuat jus. Pada beberapa penelitian seledri mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal anda. Ginjal merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh anda tidak teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, dapat mengatur volume darah sehingga dapat mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh dan juga mampu mendaur air, mineral, glukosa dan juga gizi yang masuk ke dalam nefron lalu mengembalikannya ke peredaran darah.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Sebagai obat mata anda yang kering

Mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan bersama dengan nasi setiap hari merupakan acara alami untuk mengatasi keluhan mata kering.

Daun sop memiliki banyak manfaat serta kegunaan untuk tubuh anda, salah satunya ialah untuk mengobati mata anda yang kering tentunya. Jika anda memiliki mata yang bisa dikatakan kering, maka alangkah baiknya anda segera menyembuhkan mata anda tersebut dengan pengobatan alami menggunakan daun seledri atau daun sop tentunya.

Caranya yaitu dengan mencampurkan daun seledri tersebut dengan daun bayam serta daun kelor yang sebelumnya sudah di cuci terlebih dahulu. Lalu tumbuk lah bahan tersebut hingga menjadi benar-benar halus dan tambahkan garam kemudian beri sedikit air. Peras ke semua bahan tersebut kemudian minumlah airnya. Usahakan anda minum 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

Penurunan kolesterol

Selain untuk mengobati mata yang kering, daun ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Dengan tingginya vitamin A yang dimiliki maka bisa mencegah kanker dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Maka dari itu sangat di anjurkan untuk anda yang mempunyai kolesterol yang bisa dikatakan tinggi untuk mengkonsumsi daun sop ini.

Mengobati batuk

Batuk merupakan suatu penyakit yang bisa menurunkan gengsi anda. Cuci 30 gram seledri segar seutuhnya, kemudian potong-potong. Selanjutnya rebus daun seledri dalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin, lalu saring dan tambahkan madu sesuai selera. Gunakan ramuan minuman ini untuk 2 kali minum saat pagi dan sore hari.

Untuk anemia

Manfaat daun seledri yang lainnya adalah untuk mengatasi anemia (kurang darah). Untuk mengobati penyakit yang satu ini, sebenarnya tidaklah sulit dengan meminum obat pun juga langsung bisa sembuh. Namun, sayangnya efek yang ditimbulkan dari obat tersebut tidaklah sebanding dengan khasiatnya.

Untuk mengobati rematik

Seledri atau yang biasa di sebut dengan daun sop ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit rematik. Dengan cara ambil daun seledri tersebut, lalu cucilah daun sop tersebut sampai bersih kemudian ketika anda makan gunakan daun seledri tersebut sebagai lalapannya. Lakukanlah hal seperti ini sesering mungkin untuk proses penyembuhan tentunya.

Untuk Kolik

Siapkan 60 gram seledri segar seutuhnya, 1 ruas jari jahe merah dan 1 potong gula aren. Cuci semua bahan tersebut dan kemudian potong-potong seperlunya. Rebus semua bahan dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, lalu saring dan air saringannya kemudian diminum sekaligus.

Untuk Rambut Cantik

Rambut yang rontok terus menerus dapat menyebabkan kebotakan, karena itu harus diatasi. Terapi dengan manfaat seledri mampu melebatkan kembali rambut dan menjaga kulit kepala. Caranya mudah, siapkan sekiranya 10 tangkai daun seledri kemudian haluskan.

keramaslah seperti biasa, setelahnya gosokkan seledri yang dihaluskan tersebut pada rambut hingga merata. Pijatlah dengan lembut rambut agar meresap pada kulit kepala. Kemudian diamkan selama sejam dengan menggunakan shower cap atau topi pembungkus. Bilas hingga bersih rambut setelah satu jam. Lakukan seminggu dua kali untuk perawatan untuk hasil yang maksimal.

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment