Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kita

by 3:16 PM 0 comments

Manfaat daun salam tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan saja, namun juga dapat dijadikan obat tradisional mencegah sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit yang ada di tubuh.

Khasiat daun rempah yang satu ini dapat digunakan sebagai obat diare, sakit perut, kolesterol, maag akut sampai dibuat pasta gigi tradisional. Tanaman ini juga banyak dipercayai oleh orang-orang Yunani dan Romawi yang melambangkan kebijaksanaan, kedamaian dan perlindungan.

Rincian Gizi Daun Salam

Berbagai manfaat daun salam dapat dikaitkan dengan nilai gizi yang kaya. Daun ini sangat kaya akan vitamin serta tembaga, kalium, kalsium, magnesium, seng, besi, selenium dan mangan. Mereka juga mengandung fitokimia penting dan minyak atsiri.

- Vitamin C – Daun salam merupakan sumber yang kaya manfaat vitamin C. 100 gram daun salam segar menyediakan sekitar 46,5 mg vitamin ini, yang setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).
- Vitamin A – Daun salam merupakan sumber manfaat vitamin A yang sangat baik dan menyediakan sekitar 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin ini.
- Asam Folat – Daun salam mengandung asam folat, setiap 100 gram daun salam menyediakan sekitar 180 mg atau 45% dari asupan harian.
- Mineral – Daun salam sangat kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Kalium adalah sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh, untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung. ,Mangan dan tembaga digunakan tubuh sebagai faktor co enzim.

Khasiat Dan Manfaat Daun Salam

1. Membuat gigi putih bersih

Pasta gigi tradisional yang terbuat dari bahan herbal terbukti mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering. Haluskan dengan ditumbuk kemudian campurkan keduanya bersama air. Aduk rata hingga berbentuk pasta seperti odol. Rasakan khasiat daun salam kering untuk memutihkan gigi secara alami melalui olahan pasta gigi tradisional.

2. Pengobatan Diabetes

Manfaat daun salam telah terbukti efektif untuk mengobati diabetes tipe 2 menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Untuk hasil yang maksimal, daun salam bubuk dapat dikonsumsi selama 30 hari. Antioksidan pada daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin yang efisien, sehingga baik untuk penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin.

3. Pengobatan Kolesterol

Siapa yang tidak takut dengan kolesterol yang dijamin akan membuat beragam penyakit susulan dating dan menggerogoti kesehatan kita? Daun salam ternyata manjur untuk membantu menurunkan kolesterol lho. Daun salam dapat digunakan dengan cara direbus. Air rebusan menggunakan 3 gelas air yang direbus hingga menjadi 1 gelas air saja. Jumlah daun salam yang digunakan antara 10 sampai 15 lembar. Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari. Niscaya penyakit kolesterol akan lari dari hidup kita.

4. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Pencernaan sangat penting untuk proses mendapatkan energi di kehidupan kita sehari-hari. Gangguan pencernaan berarti gangguan tentang penyerapan sari-sari makanan. Bisa jadi kesalahan berasal dari makanan itu sendiri. Gangguan pencernaan antara lain: sembelit dan diare. Keduanya sangat menyiksa. Tapi tidak tatkala meninum rebusan daun salam. Rebusan daun salam yang sudah susut diberikan sedikit garam. Setelahnya, minum saat diare atau sembelit menyerang pencernaan kita. Niscaya pencernaan akan lebih enak dan penyakit tersebut lambat laun sirna juga. Artikel terkait khasiat daun kelor.

5. Mengobati Maag Akut

Penyakit maag merupakan penyakit yang sering melanda orang yang sulit dan tidak teratur makan. Maag disebabkan oleh lambung yang mengalami peradangan atau luka sehingga mengakibatkan rasa sakit pada perut. Salah satu mengatasi penyakit ini adalah menggunakan daun salam sebanyak 16 – 20 lembar atau secukupnya yang telah dicuci bersih, kemudian rebus dengan ½ liter air dan gula merah secukupnya sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan tadi dalam keadaan dingin secara rutin sampai maag yang Anda derita reda.

6. Kesehatan Mata

Air rebusan daun salam ternyata dapat digunakan untuk mengobati sakit mata dengan cara mengusapkan air rebusan tersebut pada mata yang sakit. Antibiotik yang terkandung dalam daun salam akan mengobati secara alami rasa sakit yang ada pada mata. Daun salam juga akan memelihara kesehatan mata anda jika Anda mengonsumsi secara rutin dan teratur.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Daun salam ternyata kaya akan nutrisi serta berbagai senyawa salah satunya ialah salisilat yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung anda. Bagi anda yang gemar memasukkan daun salam ke dalam masakan anda sebagai penyedap masakan maka akan mempunyai resiko yang sangat rendah mengidap penyakit jantung. Nah, karena hal tersebutlah sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi masakan yang mengandung daun salam ini agar anda terhindar dari terserang nya penyakit yang sangat mematikan ini.

8. Mengobati radang tenggorokan

Jika anda salah satu orang yang mengetahui daun salam memiliki berbagai manfaat yang sangat kuar biasa, maka anda termasuk orang-orang yang bisa dikatakan sangat beruntung. Bagaimana tidak? Ternyata daun salam ini sangat efektif untuk mencegah serta mengobati beragam penyakit. Salah satunya ialah penyakit radang tenggorokan atau orang awam menyebutnya sebagai sakit tenggorokan.

Jika anda menginginkan manfaat yang seperti ini, anda bisa merebus 10 sampai 15 daun salam kemudian rebus lah daun salam tersebut dengan sedikit air maksimal 3 gelas. Lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin, agar radang anda segera sembuh.

9. Mengobati Penyakit Asam Urat

Daun salam juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Daun salam mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C yang dapat membantu kebutuhan pengobatan asam urat. Untuk mengobati asam urat, siapkan 10 lembar daun salam yang sudah dijemur kering. Cuci daun tersebut hingga bersih. Rebus daun salam dengan 10 gelas air dan biarkan sampai hanya tersisa 7 gelas. Anda dapat mengkonsumsi air dari rebusan daun salam tersebut saat masih hangat.

10. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Darah tinggi (hipertensi) adalah penyakit yang berbahaya karena pola makan, kegiatan, dan juga emosi harus sangat dijaga. Sayangnya, semua itu hanya penjagaan untuk kehidupan sehari-hari saja namun tidak ada yang bisa signifikan. Alhasil, banyak orang beralih dengan meminum beragam ramuan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan juga dalam jangka panjang. Penggunaan daun salam bisa diterapkan. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun salam. Rebusan daun salam digunakan dengan mencampurkan 7 hingga 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Susutkan air hingga 1 gelas saja. Lalu, minum ½ gelas sekali minum. Lakukan rutinitas 2 kali sehari dalam minum rebusan daun salam ini.

Itulah manfaat daun salam yang sangat beragam dan variatif untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan tubuh kita. Tanaman yang biasa dijadikan bahan masakan seperti daun salam ini ternyata baik untuk kesehatan. Untuk itu, lebih baik Anda memiliki barang satu atau dua pohon salam ini untuk dijadikan ramuan herbal ketika Anda membutuhkannya.

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment