Khasiat dan Manfaat Sayuran Pete atau petai untuk Kita

by 3:19 PM 0 comments


Pete (petai) merupakan pohon tahunan tropika jenis polong-polongan. Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Pete memiliki buah yang besar, memanjang, dengan banyak polong buah. Biasanya dalam satu buah terdapat hingga 20 biji. Buah ini memiliki bentuk bulat pipih dengan warna hijaunya yang khas.

Petai bisa menimbulkan bau yang tidak sedap lebih karena kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap. Di amerika sendiri, petai termasuk salah satu jenih makanan yang baunya paling buruk.

Pete (petai) pada umumnya diambil ketika masih muda atau sudah tua, dan biasa dimasak dengan sambal, kuah santan, oseng-oseng, sampai dimakan mentah sebagai lalapan. Banyak orang sangat menyukai buah sayur ini, namun tidak sedikit pula yang anti makan petai.

Berikut manfaat petai bagi kesehatan tubuh Kita

1. Meredakan depresi dan memperbaiki Mood serta gangguan PMS

Kelebihan pertama dari petai adalah mampu meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Ternyata, kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai merupakan faktor yang menyebabkan redanya depresi pada seseorang. Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pete sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif

200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

4. Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan

Salah satu efek pete antasid, dapat membantu anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. pete ini dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

5. Menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk

Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

6. Mencegah terjadinya kegemukan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat lemak, manfaat pete juga dapat mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi pete, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.

7. Baik untuk kesehatan lambung

Buah atau biji petai ini ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Malahan buah atau biji petai ini sangat baik bagi lambung. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

8. Dapat menurunkan suhu tubuh

Manfaat pete dipercaya sebagai buah atau biji yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Buah atau biji petai ini dikenal dengan istilah buah dingin, yang akan menurunkan suhu tubuh. Di Belanda misalnya , ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

9. Mengandung antioksidan

Buah atau biji petai ini juga merupakan salah satu yang memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

10. Mengatasi Cacingan

Mungkin karena kandungan belerang dan tanin didalam petai, sehingga buah ini merupakan makanan yang efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Cacing perut seperti cacing kremi dll akan mati atau segera keluar dari perut kita.

Efek samping makan jengkol dan petai
  • Menimbulkan bau pada urin.
  • Dapat menyebabkan sulit kencing dan disertai rasa nyeri. Solusi untuk masalah ini adalah dengan banyak minum air.
  • Menyebabkan bau mulut. Solusinya dengan minum kopi, mengunyah cengkeh, atau menggunakan obat kumur.
  • Kedua buah ini memiliki kadar asam amino yang tinggi, sehingga dapat mengganggu kerja ginjal.
  • Meningkatkan asam urat.
  • Menyebabkan pusing.
Walau baunya menyengat, manfaat pete sangatlah banyak untuk kesehatan. Jika Anda enggan mengkonsumsi buah ini karena baunya. Salah satu cara mengatasi bau mulut karena petai, adalah dengan mengkonsumsi mentimun dan air hangat.

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment