Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan Kita

by 1:59 PM 0 comments





Tampilan buah nanas yang kuning menyegarkan, menjadi ciri khas sajian segar khas iklim tropis yang juga menyehatkan. Buah nanas atau kadang disebut dengan nenas ata ananas merupakan buah yang berasal dari negara tropis, yaitu Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Buah yang juga tumbuh baik di Indonesia ini merupakan buah yang dalam perkembangan buahnya bergabung bersama tongkol bunga majemuk hingga membentuk nanas yang rupanya bersisik.

Pada dasarnya buah nanas ini, memanglah bukan buah yang terlihat indah bila dipandang dari luar, dengan wujud kulit buah nanas yang begitu kasar, tak ada yang menganggap bahwasanya buah nanas begitu baik untuk kecantikan. Pada Umumnya buah nanas tak hanya dapat digunakan untuk obat alternatif, banyak juga olahan dari buah nanas yang kerap kita konsumsi. Seperti selai nanas, lotis nanas, manisan nanas dan lain – lain sebagainya.

Selain bermanfaat sebagai makanan, buah nanas juga berkhasiat sebagai obat tradisional. Selain itu, kandungan vitamin seperti vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan. Khasiat buah nanas antara lain mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar.

Berikut beragam khasiat dan manfaat buah nanas bagi kesehatan :

1. Memperlancar pencernaan

Manfaat dari buah Nanas ini bisa kita dapatkan lantaran buah itu mempunyai enzim bromelain dalam jumlah besar. Enzi mini berguna untuk membuat lancar sistem pencernaan dan sebagai pelega tenggorokan. Jadi bila ingin percenaan Anda lancar komsumsilah nanas.

2. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat lain dari Enzim Bromelain yang terdapat pada buah nanas yaitu bisa mempercepat sistem penyembuhan pada luka dan mengurangi peradangan serta pembengkakan dalam tubuh.

3. Berperan sebagai pembersih

Fungsi nanas untuk pembersih ini dapat di peroleh dari terdapatnya enzim bromelain yang bisa membantu supaya kandungan asam dalam darah jadi seimbang. Nanas dapat juga kurangi kandungan air yang berlebihan dari dalam badan hingga bisa menolong mengobati penyakit Edema.

4. Mengatasi masalah ketombe

Nanas dapat dipakai untuk menangani persoalan ketombe. Caranya, siapkan seperempat bagian buah nanas yang telah masak. Kupas kulit, parut, peras lalu saring. Tambahkan air nanas itu dengan air perasan satu jeruk nipis lalu aduklah sampai merata. Gunakan campuran ini untuk menggosokan pada bagian kulit kepala yang terdapat ketombe.

Kerjakan kegiatan itu saat malam hari sebelum tidur. Besok harinya, bersihkan rambut dengan berkeramas. Kerjakan aktivitas itu selama pada 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu.

5. Membantu melunakkan makanan

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang bisa bermanfaat untuk membantu melunakkan makanan didalam lambung. Enzim ini dapat berperan sebagai anti radang serta penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

6. Memperlancar haid

Buah nanas yang masih muda bisa memperlancar haid oleh karenanya, nanas bisa dikonsumsi untuk memperlancar haid. Untuk wanita hamil, benar-benar dianjurkan agar tidak untuk konsumsi buah nanas utamanya buah nanas yang masih muda.

7. Menambah gula darah

Nanas mempunyai kandungan gula yang lumayan tinggi. Untuk pasien kadar gula rendah, nanas dapat dikonsumsi untuk menolong menambah kadar gula darah dalam tubuh.

8. Mencegah kanker

Nanas memiliki kandungan vitamin C serta A yang berbentuk antioksidan hingga dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan perkembangan sel kanker, apabila radikal bebas tak bisa masuk ke dalam tubuh, perkembangan sel kanker bisa dihindari.

9. Mengatasi sembelit

Sembelit bisa dikarenakan lantaran kurang mengomsumsi makanan memiliki serat. Makanan yang memiliki kandungan serat bisa berbentuk buah-buahan, satu diantaranya yaitu buah nanas. Caranya, minumlah juice buah nanas. Pilih buah nanas yg tidak terlampau masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

10. Mengatasi peradangan kulit

Buah nanas bisa dipakai untuk menangani persoalan peradangan kulit. Caranya, ambillah 1/2 bagian buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang terkelupas serta bersisik. Kerjakan aktivitas ini saat malam hari sebelum tidur. Besok harinya, barulah dibersikan.

11. Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Kurangnya asupan vitamin A, bisa membuka peluang terjadinya kuku yang dan rapuh. Namun bisa menjadi lebih buruk, jika mengalami kekurangan vitamin B yang menyebabkan kuku retak dan terbelah. Tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah kondisi tersebut, hanya dengan mengkonsumsi nanas. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.

12. Mengembalikan Kesehatan Bibir

Buah nanas yang digunakan bersamaan dengan manfaat minyak kelapa, dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Nanas serta minyak kelapa memberikan bersifat bergizi, yang menyembuhkan bibir pecah-pecah dan melunakkan bibr. Selain itu, campuran minyak kelapa dan nanas ini memberikan kilau alami pada bibir.

Efek Samping buah nanas: 

Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Karena itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.

memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam. Sederhana bukan?

Catatan Penting:

  • Ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda.
  • Buah nanas di dalam saluran cerna difermentasi menjadi alkohol yang dapat menimbulkan kambuhnya rematik Gout.
  • Penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi.
Selain bisa dikonsumsi secara langsung, ternyata buah nanas juga memiliki banyak khasiat sebagai obat tradisional. Jadi tidak adalahnya jika Anda menanam pohon ini di kebun atau belakang rumah. Baca juga buah-buahan bermanfaat lainnya.

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment