Manfaat dan Khasiat Buah Nangka untuk Tubuh Kita

by 2:22 PM 0 comments





Nangka adalah buah berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang khas. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung. Buah ini umumnya dikonsumsi di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Tanaman pohon nangka sendiri merupakan tanamannya yang buahnya musiman, sehingga dapat dengan mudah jika sedang musimya atau bisa menjadi lebih mahal, jika sedang tidak musim. Maka dari itu, banyak ide kreatif yang dapat memanfaatkan buah durian, seperti bermunculan kripik-kripik dari nangka atau olahan selai buah nangka ini.

Nangka mengandung kalori tinggi

100 g daging buah nangka menyediakan 95 kalori jika dimakan. Daging buah nangka matang dan mudah dicerna dengan mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa, yaitu ketika dimakan maka akan menambah cadangan energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung.

Mengandung tinggi serat

Nangka kaya akan serat makanan, sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat makanan ini akan membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangi waktu paparan dan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Mengandung vitamin A

Buah nangka segar memiliki sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-ß, xanthin, lutein dan cryptoxanthin-ß. Secara bersama-sama, senyawa ini berperan menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin-A, dan karoten telah diyakini akan melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

Tinggi antioksidan dari vitamin C

Selain itu, nangka merupakan sumber yang baik dari antioksidan vitamin C, menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23%  RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh agar kebal infeksi dan radikal bebas berbahaya.

Sumber kaya B kompleks

Buah nangka termasuk salah satu buah langka yang kaya vitamin B-kompleks . Jumlah B kompleks seperti vitamin B-6 (pyridoxine), niacin, riboflavin, dan asam folat.

Sumber kaya mineral penting

Buah nangka segar merupakan sumber kalium yang baik, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Biji nangka tinggi protein

Biji nangka juga sangat kaya akan protein dan bergizi. Biji yang akan diolah dikumpulkan dari buah yang sudah matang, dijemur dan disimpan untuk dimasak dalam musim hujan di bagian Selatan negara India. Biji nangka bisa diolah dengan cara direbus, atau dibuat campuran memasak lauk ikan tongkol.

Beberapa manfaat kesehatan nangka seperti :

Menyehatkan perut dan usus

Nangka baik untuk pencernaan dan dapat membantu penyembuhan borok dan mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, serat yang tinggi pada buahnya mencegah sembelit dan membantu buang air besar lebih lancar dan teratur. Seratnya juga melindungi selaput lendir usus besar dengan menjauhkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari vitmain C, antioksidan kuat yang membantu mencegah pilek dan infeksi. Vitamin C membantu berfungsinya sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih.

Perlindungan terhadap kanker

Selain mengandung vitamin C (antioksidan kuat), nangka juga kaya fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang dapat melawan kanker. Fitonutrien ini juga membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh penyebab kanker dan memperlambat degenerasi sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Menurunkan tekanan darah

Nangka merupakan sumber makanan kaya kalium, sekitar 300 mg dalam 100 gram nangka. Kalium penting bagi tubuh karena membantu menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi risik jantung dan stroke.

Membantu penglihatan

Buah ini mengandung vitamin A, antioksidan kuat yang bermanfaat untuk penglihatan. Vitamin ini juga menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Menurut penelitian, buah nangka merupakan buah yang kaya kandungan kalium. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa kalium adalah zat makanan yang mampu menurunkan tekanan darah seseorang sehingga resiko pentakit jantung dapat ditekan. Konsumsilah buah nangka rutin setiap satu kali dalam satu minggu.

Satu minggu adalah jangka waktu yang sangat tepat karena jika terlalu sering mengkonsumsi buah nangka maka pencernaan anda akan sedikit terganggu. Gangguan yang dimaksud adalah munculnya penyakit diare. Karena itulah, konsumsilah buah nangka dalam jangka waktu yang tepat sekaligus jumlah konsumsi yang tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Mencegah Anemia

Khasiat buah nangka yang kedua adalah sebagai pencegah penyakit anemia. Buah nangka juga didaulat sebagai buah yang kaya akan kandungan zat besi. Selain sebagai pencegah anemia zat besi juga mampu membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar.

Mencegah Osteoporosis

Buah nangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan magnesium. Seperti yang kita ketahui bahwa magnesium merupakan zat makanan yang mampu menjaga kesehatan tulang termasuk osteoporosis. Selain sebagai pencegah osteoporisis, buah nangka juga bemanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan yang dikandung oleh buah nangka akan membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah nangka yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, buah nangka adalah buah yang banyyak mengandung vitamin A. Vitamin A merupakan kandungan makanan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A, buah nangka juga mengandung vitamin C. Menurut penelitian, vitamin C yang terkandung dalam buah nangka juga mampu mencegah terjadinya penyakit kanker dan mencegah timbulnya keriput.

Sumber energi

Buah nangka mengandung sukrosa dan fruktosa yang mampu menjadi sumber energi alami bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi buah nangka ini, maka anda sudah bisa menyimpan energi sebesar jumlah konsumsi anda. Selain sebagai sumber energi, buah nangka juga bermanfaat sebagai pencegah terjadinya sembelit. Untuk mengobati sembelit dengan memakan buah nangka, anda disarankan memakannya dalam jumlah cukup karena jika berlebihan penyakit sembelit anda akan beubah menjadi penyakit diare.

Manfaat Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah nangka juga bermanfaat dalam bidang kecantikan. Menurut penelitian, buah nangka mampu mengatasi jerawat, menghindari kulit keriput, mengangkat sel kulit mati dan juga menghindari kulit kering. Karena itulah, orang yang mengkonsumsi buah nangka rutin setiap 3 kali dalam satu minggu maka kesehatan dan kecantikan kulitnya akan senantiasa terjaga.

Selain bagian buah dan bijinya, bagian tanaman nangka yang sangat bermanfaat bagi manusia adalah batangnya yang kuat dan digunakan dalam pembuatan berbagai macam furniture. Kayu nangka tidak mudah lapuk ataupun dimakan rayap, sehingga akan membuat peralatan rumah tangga senantiasa awet.

bujang udik

Content Writer

Seorang Nubie di dunia blogging. yang suka berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama.

0 comments:

Post a Comment